Iklan Google Adwords Ini Caranya.

Iklan Google Adwords Ini Caranya.

Sebelum Anda membuat iklan pertama, ada beberapa pemahaman mendasar yang perlu Anda ketahui. Hal ini penting, biar anda tahu makna dalam beriklan. Perlu proses, butuh waktu dan juga perlu dana.  Jelasnya, ada tiga tujuan utama orang melakukan pemasaran lewat iklan, yaitu: Brand awareness – membuat orang sadar, bahwa Produk Anda itu ada; Buying customer – mendatangkan prospek yang nantinya diharapkan berubah menjadi pelanggan dan Edukasi – membuat orang mengenal sebuah produk dan mengerti kenapa mereka perlu membelinya.

Iklan Google Adwords Ini Caranya.
Iklan Google Adwords Ini Caranya.

Pada dasarnya pemasaran adalah sebuah cara untuk “membeli pelanggan”. Istilah kerennya adalah akuisisi pelanggan / customer acquisition. Setelah Anda mengeluarkan sejumlah uang untuk pemasaran, Anda berharap ada yang menaggapi usaha marketing Anda dan mau bertransaksi atau berbisnis dengan Anda. Tentu setiap pengusaha menginginkan dari upaya pemasarannya, setiap sen uang yang telah dikeluarkan akan kembali lagi dan menghasilkan profit. Atau kata para marketer, ada ROI-nya (Return of Investment).

Bagaimana cara melakukan pemasaran? Salah satunya adalah dengan memasangiklan di internet tepatnya di Google Adwords.

Iklan Google Adwords Ini Caranya.

Google Adwords bisa menjadi sebuah alternative pilihan yang menarik. Google Adwords adalah sebuah layanan pemasangan iklan dari Google. Perusahaan ini telah mendesain layanannya sedemikian rupa sehingga Adwords bisa diatur dan dikelola langsung oleh para penggunanya secara online. Dengan demikian Anda bisa melakukannya langsung dari depan layar computer Anda sendiri.

Apabila Anda memiliki modal yang agak besar, Anda bisa membayar perusahaan yang menawarkan jasa pengelolaan iklan Adwords Anda.Misalnya seperti PromoNavigator. Dimanakah iklan Anda akan di tayangkan?      Iklan yang Anda buat nantinya bisa tampil di:

  • Situs-situs pencari Google, misalnya mesin pencari Google, Google shopping, peta Google, pencari gambar Google dan grup.
  • Bisa juga Situs pencari lain yang merupakan bagian dari jaringan pencari yang berpartner dengan Google misalnya AOL.
  • Pencari di perangkat mobile.
  • Di Google Display Network, yaitu situs-situs yang dijelajahi oleh calon pembeli (misalnya, blog dapur-uang.com) dan juga situs Google, seperti Gmail, Blogger dan Youtube.

Cara beriklan di Google Ardwords?  Kelebi hannya. 

Iklan Google Adwords Ini Caranya.
cara mudah membuat website affiliasi

Iklan yang kita pasang tertarget. Artinya iklan Anda akan ditampilkan ke orang-orang yang memiliki relevansi atau keterkaitan dengan isi iklan yang ditayangkan. Sebab setiap iklan memiliki kata-kata kunci atau keywords tertentuDan kata kunci inilah yang akan disesuaikan dengan pencarian orang-orang yang sedang melakukan browsing dan menjelajahi dunia maya.

Secara lebih spesifik, Anda juga bisa menarget berdasarkan lokasi, misalnya Anda hanya orang yang di jakarta saja yang bisa melihat iklan Anda. Tujuannya agar anggaran iklan Anda tidak sia-sia terbuang kepada orang yang tidak ada kaitannya dengan profil pelanggan Anda.

Kelebihan lainnya, yaitu bahkan dengan uang Rp.450.000  Anda sudah bisa beriklan dan bahkan bisa gratis. Walaupun dan tentu saja dengan dana segitu apakah sudah cukup untuk mengiklankan usaha Anda tentu itu lain cerita.

Iklan Google Adwords Ini Caranya & Biayanya. 

Pada dasarnya para pemasang iklan Adwords akan saling berkompetisi untuk kata kunci yang paling sering digunakan. Setiap kali orang mencari sebuah kata, frase atau kalimat di mesin pencari Google, maka Google akan menjalankan sebuah lelang/ bidding (secara otomatis) yang akan menentukan iklan siapa yang muncul dan di posisi mana. Tentu orang ingin iklannya lebih sering muncul dan berada di posisi paling strategis, yaitu di paling atas. Nah, pemasang iklan yang berani membayar lebih tinggi untuk suatu kata kunci tertentulah akan mendapatkan keuntungan tersebut.

Baca Juga  :  Mau Memulai Bisnis Online, Ini Dia Langkahnya

Ada 3 macam strategi lelang, tergantung dari fokus pemasaran Anda, yaitu:

Jika fokusnya adalah mendapatkan traffic ke situs/ tokol Anda, maka Anda memilih strategi bidding berdasarkan klik pada iklan Anda, atau dikenal dengan CPC bid. CPC singkatan dari Cost Per Click.

Biaya yang akan dikenakan adalah berdasarkan jumlah klik pada iklan Anda dikalikan dengan biaya CPC atau biaya per klik yang telah Anda tentukan maksimalnya. Biaya CPC-nya bisa saja lebih murah dari maksimal bid yang telah ditentukan tergantung dari berbagai faktor.

Fokuskan Iklan Google Adwords Ini Caranya.

Kalau fokus Anda adalah awareness atau sekedar memberitahu bahwa Anda itu ada loh. Maka strategi bidding-nya adalah berdasarkan Cost Per Mile atau dikenal dengan isitlah CPM bid. Per Mile artinya per seribu,jadi setiap 1000 kali tayang, maka Anda dikenakan biaya. Di dalam strategi bidding ini, tidak peduli dengan berapa jumlah klik yang Anda peroleh. Jadi kalau dalam 1000x tayang bisa mendapatkan 100 klik atau 200 klik biayanya tidak beda.

Bila fokus Anda adalah konversi, maka strategi biddingnya adalah Cost Per Acquisition atau CPA bid. Disini Anda tetap membayar berdasarkan setiap klik pada iklan Anda. Bedanya Google akan membantu mengoptimalkan setiap klik sehingga memenuhi target konversi Anda.

Konversi yang dimaksud disini bisa berarti, pembelian sebuah produk, jumlah orang yang berlangganan dengan memberikan email mereka, dll. Cara pembayarannya sebenarnya cukup mudah. Anda harus mendeposit sejumlah uang terlebih dahulu dengan menggunakan kartu kredit. Hal ini memang agak menyulitkan bagi mereka yang tidak memiliki kartu kredit.

Buat Iklan Pertama Google Adwords Anda.

Buat Iklan Adwords Pertama Anda: Langkah Pertama, Buat Akun. Akun Gmail atau email Google Anda tidak bisa digunakan untuk Adwords. Anda memerlukan sebuah akun khusus untuk memasang iklan, disamping email anda yang sudah ada.

Tahap ke satu Pergilah ke http://adwords.google.com nanti Anda akan di-redirect ke suatu halaman seperti di bawah ini.

Kemudian Tahap 2 Klik tombol: START NOW

Berikutnya Tahap 3 Isi email Anda, kemudian klik tombol: Save and Continue.

Setelah itu Tahap 4 Isi fomulir seperti di bawah ini dengan lengkap untuk membuat akun Anda . Lalu klik tombol: Next step

 

Ikuti Tahapan Tahapan dan Urutannya.

Lihat  Tahap 4 Isi fomulir seperti di bawah ini dengan lengkap untuk membuat akun Anda . Lalu klik tombol: Next step

Iklan Google Adwords Ini Caranya.
Iklan Google Adwords Ini Caranya.

Lalu Tahap 5 Sebuah email verifikasi akan dikirimkan ke email Anda, silahkan cek.

Ini Tahap 6 Kliklah tautan yang ada di dalam email itu untuk memverifikasi email Anda.

Perhatikan Urutan Dan Caranya.

Pahami Tahap 7 Nanti Anda akan dibawa ke sebuah halaman situs yang menyatakan, bahwa email Anda telah diverifikasi. Selanjutnya kliklah tautan: Click here to continue.

Lihat Tahap 8 Selamat Anda telah selesai membuat akun Google Adwords. Klik tombol: Take me to my account, jika Anda ingin langsung segera membuat iklan.

Konfigurasi Pembayaran Google Ads.

Untuk Indonesia sekarang selain pembayaran menggunakan kartu kredit berlogo Visa dan Mastercard, Anda sudah bisa membayar menggunakan transfer bank. Hanya saja diperlukan waktu 5-10 hari hingga dana tercatat di akun.Alternatif lainnya adalah pinjam kartu kredit orang lain, atau menggunakan jasa perusahaan yang menawarkan pengelolaan iklan adwords, seperti PROMO NAVIGATOR 

Cara mengatur pembayaran di Adwords: Tahap Pertama  Klik gambar: ikon gir di pojok kanan atas. Lalu klik pilihan: Billing

Kemudian Tahap 2. Pilih lokasi untuk alamat penagihan Anda. Lalu klik tombol: Continue.

Ini Tahap 3. Isi alamat penagihan Anda

Iklan Google Adwords Ini Caranya.
Iklan Google Adwords Ini Caranya.

Perhatikan Benar Tahapannya Ikuti Alurnya.

Berikut Tahap 4. Pilih cara pembayaran Anda, otomatis atau manual. Untuk tutorial ini kita pilih: manual payments. Dengan kata lain Anda deposit uang dulu. Lalu setiap biaya dipotong dari uang yang telah dibayarkan.

Ini Tahap 5. Centang kotak: Yes, I agree to the terms and conditions above. Lalu klik tombol: Submit and activate my account.

Perhatikan Tahap 6. Klik tombol: Make a payment

Lihat Tahap 7. Isilah form mengenai kartu kredit Anda, lalu isikan jumlah yang ingin Anda bayarkan, jika sudah klik tombol: Review Payment.

Terahir Tahap 8. Jika pengisian form kartu kredit Anda sudah benar dan Google telah berhasil melakukan pengujian penarikan dana dari kartu kredit Anda, Anda akan dibawa masuk ke halaman konfirmasi.

Bayar Iklan Google Adwords Ini Caranya.

Catatan mengenai pembayaran otomatis / pascabayar  Untuk pembayaran otomatis atau pascabayar Anda akan ditagih setelah iklan berjalan. Waktu penagihan adalah bila telah lewat 30 hari atau biaya telah mencapai jumlah yang telah ditetapkan. Setelah Anda menetapkan menggunakan pembayaran otomatis maka Anda tidak dapat merubahnya. Cara ini lebih sesuai untuk Anda yang tidak memiliki waktu terlalu banyak untuk selalu mengontrol akun Adwords Anda.

Langkah Ketiga Buat Iklan Teks Pertama   Pemahaman dasar  Adwords pada dasarnya memiliki struktur pembuatan iklan sebagai berikut:

Iklan Google Adwords Ini Caranya.
Iklan Google Adwords Ini Caranya.

Keterangan : Campaign = Kampanye. ; Ad Groups = Grup Iklan; Ads = Iklan; dan Keywords = kata kunci

Tujuan dari struktur ini adalah untuk mengelompokkan produk atau jasa Anda ke dalam campaign dan ad groups, serta menghubungkannya dengan kata-kata kunci. Dengan demikian kualitas dan tingkat kesuksesan iklan Anda akan meningkat. Iklan dengan skor kualitas yang tinggi dapat menekan biaya per klik atau CPC (Cost per Click). Jadi semakin jeli anda memilih kata kunci, maka semakin murah biaya iklan anda.

Ikuti Proses Iklan Google Adwordsnya.

Untuk setiap level struktur, Anda akan memberikan sebuah nama. Pemberian namanya tergantung dari cara pengelompokan Anda. Lebih jelasnya akan diterangkan lebih lanjut di bawah. Saat Anda membuat iklan, disarankan agar Anda melakukan urutan kerja sebagai berikut: Pikirkan tentang 1. campaign > 2. Ad Groups > 3. Keywords > 4. Ads.

Campaign  Cara pembuatan struktur yang sederhana adalah seperti pengelompokkan barang di departemen store. Sebagai contoh tokol Anda menjual baju dan sepatu. Anda dapat memberikan nama campaign-nya: Baju ; Sepatu. Namun demikian untuk kebutuhan lain Anda juga bisa membaginya berdasarkan promosi, seperti: Promosi Hari Kartini ; Promosi Natal dan Tahun Baru

Ad groups   Misalnya kita gunakan campaign: baju. Untuk Ad groups-nya Anda bisa membaginya berdasarkan kategori baju, misalnya: Dress; Cardigan; Blouse

Keywords   Setiap ad groups akan memiliki sekelompok keywords. Idealnya Anda memikirkan 20-40 kata atau frase yang kira-kira akan digunakan oleh calon pembeli saat melakukan pencarian di Google. Misalnya Anda hendak membuat kata kunci untuk ad groupsdress. Orang yang ingin membeli dress mungkin akan menggunakan kata-kata sebagai berikut: dress murah; jual dress cantik; jual long dress ; little black dress ;long dress ; dress buat pesta; dst…

Detail BerIklan Di Google Adwords Ini Caranya.

Fungsi keywords ini adalah agar nanti Google dapat mencocokkannya dengan pencarian orang di mesin pencari Google saat Google hendak menampilkan iklan Anda. Ada sebuah tips yang sangat penting pada saat penetapan keywords, saya sebut dengan gaya pencocokan (match). Mengetahui dan menerapkan hal ini pada keywords dapat mencegah pemborosan anggaran pemasaran Anda.

Gaya Pencocokan  4 macam gaya pencocokan dengan cara penulisan keywordsnya, yaitu: Broad match-Cara penulisan: dress murah; Phrase match-Cara penulisan: “dress murah”; Exact match-Cara penulisan: [dress murah]; Broad match modifier-Cara penulisan: +dress +murah

Secara lebih jelas akan saya bahas di bawah ini.

Broad Match Pada gaya ini, apapun yang diketikkan orang di mesin pencari Google, asal di dalam pencariannya terdapat kata-kata yang sama dengan kata kunci yang telah Anda tetapkan, meskipun susunan urutan katanya berbeda atau terpisah, maka iklan Anda akan ditampilkan. Kita ambil contoh kata kunci: dress murah. Bila ada yang mengetikkan di mesin pencari Google: majalah murah tentang dress India, maka iklan Anda muncul.

Pencocokan Iklan Google Adwords Ini Caranya.

Masalah yang sering terjadi dari penggunaan gaya ini, meski jangkauannya luas tapi tingkat relevansinya dalam kaitannya menemukan calon pelanggan yang ingin mengeluarkan uang untuk belanja bisa menjadi kecil. Karena prospek yang mampir di tokol atau situs Anda lebih tidak kualifait.

Meskipun demikian, jika tujuan Anda adalah untuk menciptakan brand awareness, maka cara ini sangat baik untuk digunakan. Selain itu pada laporan Anda dapat melihat daftar pencarian yang dilakukan oleh orang yang menyebabkan iklan Anda dimunculkan, sehingga dari sana Anda bisa menemukan ide baru untuk kata-kata kunci baru.

Phrase Match Gaya pencocokan ini akan lebih mengecilkan kemungkinan iklan Anda ditampilkan ke orang-orang yang tidak relevan. Karena hanya pencarian yang di dalamnya terdapat kata kunci Anda dengan urutan yang sama persis, barulah iklan Anda ditampilkan.

Sebagai contoh, untuk kata kunci: dress murah, iklan Anda akan muncul bila ada yang mencari di mesin pencari Google: jual dress murah ; dress murah singapore ; dan desainer dress murah   Iklan tidak akan tampil bila susunannya berbeda, misalnya: jual murah dress

Negative Keywords. Sebagai tambahan dari contoh kasus di atas Anda dapat semakin meningkatkan efektifitas iklan Anda dengan menyembunyikan iklan dari pencarian yang tidak relevan, seperti: dress murah singaporeKemungkinan besar pencarian ini tidak ada kaitannya dengan bisnis Anda. Nah untuk pengoptimalannya Anda dapat menetapkan negative keywords. 

Keywords Iklan Google Adwords Anda.

Bila Anda tetapkan kata desainer sebagai negative keywords, maka meskipun di dalam pencarian orang mengandung keywords yang telah Anda tetapkan, tetapi karena ada kata desainer di dalamnya, maka iklan Anda tidak akan munculkan.

Baca Juga  :  Memilih Model Bisnis Online, Ciptakan Peluangmu

Ada beberapa cara untuk menentukan negative keywords: Anda bisa coba-coba di mesin pencari Google misalnya Anda ketikkan: dress murah s. Autocomplete Google dapat memberikan petunjuk kata apa selanjutnya yang tidak relevan dengan iklan Anda. Cara yang kedua adalah setelah iklan Anda berjalan.

Anda bisa melihat laporan daftar pencarian kata yang telah digunakan orang yang menyebabkan iklan Anda dimunculkan. Dari situ akan terlihat Anda dapat menganalisa pencarian apa yang tidak relevan dan Anda bisa menambahkannya di daftar negative keywords Anda untuk ad groups yang bersangkutan.

Exact Match Gaya pencocokan yang satu ini hanya menampilkan iklan Anda, bila orang mencari menggunakan kata-kata yang sama persis dengan kata kunci Anda, tanpa tambahan kata-kata apa pun di belakang, atau di depan.

Sebagai contoh kata kunci: [dress murah], iklan hanya ditampilkan bila orang mengetikkan kata: dress murah, dan tidak akan muncul bila orang mencari menggunakan kata: jual dress murahdress sangat murahdress murah online.

Pemilihan Keywords Iklan Google Adwords Anda.

Broad Match Modifier Gaya pencocokan ini sama dengan broad match, bedanya bila di dalam pencarian ada yang salah eja, menggunakan singkatan, singular dan plural, kemudian awalan, akhiran, bila ada kaitannya dengan kata kunci Anda, maka iklan Anda akan ditampilkan.

Ads/ Iklan Format iklan ada 4, yaitu: text ad: iklan berupa teks; image ad: iklan berupa gambar ; rich media ad: iklan yang beranimasi atau interaktif; dan video ad: iklan berupa video. Iklan yang paling umum dan mudah dibuat adalah format iklan teks. Contoh:

Untuk setiap ad group Anda bisa membuat beberapa iklan. Gunanya untuk melihat iklan mana yang bekerja paling baik. Terkadang perbedaan kata-kata dapat membuat iklan bekerja semakin baik atau sebaliknya. Itulah juga alasannya mengapa ad group dipisah berdasarkan setiap kategori barang.

Sehingga di dalam sebuah ad group bisa dibuat beberapa variasi iklan yang berbeda untuk barang yang sama, dan untuk kata-kata kunci yang sama. Pastikanlah di dalam membuat iklan, kata kunci yang Anda gunakan terdapat di dalam iklan Anda.

Buat Iklan Google Adwords, Ini Caranya.

Ok, disini kita akan beranggapan Anda memiliki sebuah tokol fashion yang menjual baju, dan Anda memiliki 2 kategori barang, yaitu: dress dan blouse. Anda ingin menggunakan adwords untuk pemasaran, dan hendak membuat sebuah iklan teks standar untuk ditampilkan di network search only dengan target calon pembeli adalah mereka yang tinggal Indonesia.

Pembuatan campaign

Tahap 1. Jika Anda baru selesai membuat akun, Anda akan melihat bagian halaman seperti ini. Klik tombol: Create your first campaign.

Apablia Anda mulai dari dashboard Adwords Anda bisa klik tombol: Campaign

Kemudian pilih di jaringan mana Anda ingin iklan Anda tampil.

Keterangan:

  • Search Network only: iklan tampil di mesin pencari Google, Google shopping, peta Google, pencari gambar Google dan grup.
  • Display Network: di situs-situs yang yang menampilkan Google Adsense, Gmail, Blogger dan Youtube.
  • Lihat Search Network with Display Select: Gabungan dari Search Network danDisplay Network.
  • Shopping: diGoogle Merchant (www.google.com/shopping)
  • Online video: diYoutube – Tampil saat orang hendak menonton sebuah video, di daftar video sebelah kanan saat sebuah video sedang dijalankan, di posisi atas dalam hasil pencarian video.

Tahapan Iklan Google Adwords.

Berikut Tahap 2. Silahkan isi campaign name-nya, baju. Lalu pilih Type : Search Network Only Pilih tombol radio: Standard

Ini Tahap 3. Pada bagian Networks Anda bisa memilih apakah Anda ingin menampilkan iklan Anda di partner pencarian Google (include search partners) atau tidak. Siapa saja yang menjadi partner tidak diketahui secara pasti, tapi yang dengan jelas dipublikasikan adalah AOL.

Ini Dia Tahap 4. Pada bagian Locations Anda dapat menargetkan iklan Anda agar muncul berdasarkan lokasi geografis. Dengan demikian iklan Anda tampil di depan orang-orang yang berada di lokasi tertentu saja. Hal ini berguna jika usaha Anda hanya melayani dalam batasan wilayah tertentu. Bahkan pencarian bisa dibuat lebih spesifik lagi, misalnya pelayanan hanya dalam suatu radius tertentu saja. Untuk tutorial kali ini, kita akan memlih Indonesia.

Ketelatenan Buat Iklan Google Adwords.

Kemudian Tahap 5. Pada bagian languages, Anda menentukan kemunculan iklan berdasarkan bahasa. Google akan menentukannya berdasarkan: preferensi bahasa di akun yang digunakan oleh pengguna; permintaan pencarian ; dan halaman yang sedang dilihat saat ini.

Untuk Indonesia sebaiknya menggunakan bahasa Inggris dan Indonesia. Karena kedua bahasa ini umumnya digunakan oleh orang Indonesia. Apabila Anda ingin memilih bahasa lain, silahkan klik tautan: edit.

Berikutnya Tahap 6. Pengaturanbid strategy. Pada bagian ini Anda akan menentukan total anggaran per hari dan berapa nilai default bid (penawaran) maximum yang Anda izinkan untuk ad groups Anda. Default bid menentukan batas maksimum biaya CPC.

Ada dua cara pengaturan bid: Otomatis, Google yang akan mengatur bid untuk mengoptimalkan iklan Anda, menurut algoritma Google; Manual, Anda yang menentukan dan mengatur sendiri jumlahnya. Sekedar sekilas info biaya iklan Google Adwords per klik ditentukan berdasarkan semacam lelang.

Pemilihan Keyword Jadi Penting.

Mereka yang memasukkan batas bid yang lebih tinggi, memiliki kesempatan iklan mereka lebih sering tampil dan berada di posisi strategis. Akan tetapi tentu Anda ingin memperhitungkan keuntungan yang Anda peroleh dengan pengeluaran biaya marketing.

Terahir Tahap 7. Ad extensions merupakan fitur tambahan pada iklan Anda, bebas biaya, bertujuan untuk memberikan tambahan informasi yang berguna untuk calon pelanggan, seperti alamat dan nomor telpon. Salah satu kegunaannya, misalnya jika Anda mencantumkan alamat.

Kebetulan ada calon prospek yang melihat iklan Anda dan berpendapat, bahwa lokasi bisnis Anda ternyat dekat dengan mereka, mungkin itu bisa membuat mereka memilih Anda daripada kompetitor. Ini adalah opsional apakah Anda ingin menggunakannya atau tidak. Jika sudah selesai, silahkan klik tombol: save and continue. 

Ad Groups Halaman selanjutnya adalah pembuatan ad group. Pada halaman ini selain memberikan nama untuk ad group, Anda juga akan mengisi keywords, dan mulai membuat iklannya. Isi ad group name: Dress.

Mengatur Dan Memilih Keyword Jadi Penting.

Keywords Silahkan tentukan keywords Anda. Sesuai dengan petunjuk yang sudah saya terangkan di pemahaman dasar di atas. Contoh-nya bisa sepeti di bawah ini.

Ads  Disinilah pembuatan iklan yang nantinya akan dilihat orang. Sebuah iklan terdiri dari beberapa bagian yaitu:

  1. Headline, bagian yang digunakan untuk menarik perhatian orang.
  2. Description line 1&2, bagian untuk membangkitkan rasa ketertarikan orang.
  3. Display URL hanya untuk memberikan keterangan kepada pengguna, kemana mereka akan dibawa jika mengklik iklannya.
  4. Destination URL adalah url yang sesungguhnya.

Pada sisi kanan, Anda bisa melihat pratinjau iklannya. Bisa Anda lihat disana ada dua macam:

  1. Side Ad adalah pratinjau bila iklan tampil di sisi samping dari mesin pencari.
  2. Top ad adalah pratinjau yang terlihat memanjang bila iklan tampil di sisi atas dari mesin pencari.

Jika sudah, klik tombol: Save ad group.  Nah, sekarang Anda tinggal menunggu iklan Anda ditinjau pada hari kerja. Perhatikan tidak semua produk atau jasa bisa diiklankan di Google Adwords, oleh karena itu perhatikanlah kebijakan dari Google Adwords.

Memahami Istilah Iklan Google Adwords Ini Caranya.

Langkah 4 Memahami Istilah-Istilah di Tabel Adwords Setelah Anda membuat iklan adwords pertama Anda dan iklan tersebut berjalan, tentu Anda ingin bisa memahami dan membaca hasil kinerjanya. Disini saya akan membantu memberikan penjelasan mengenai beberapa istilah-istilah yang ada pada tabel Adwords.

Berbagai Istilah di Tabel Adwords

NO Istilah Penjelasan
1 Max. CPC Biaya per Klik Maksimum yang akan Anda tanggung bila seseorang mengklik iklan Anda. Anda menentukan ini saat memasukan bid di dalam ad groups.

Besar Biaya CPC yang sesungguhnya bisa lebih rendah dari Max. CPC tergantung dari berbagai hal yang akan dijelaskan di bawah.

2 Clicks Jumlah klik yang telah Anda dapatkan.
3 Impr. Impression yang menunjukkan sudah berapa kali iklan Anda ditampilkan.
4 CTR Click Through Rate menunjukkan persentase keberhasilan iklan diklik.

Cara perhitungan: CTR = Clicks / Impr. x 100%.
Contoh:
Kata kunci mendapatkan 5x klik, berarti Clicks = 5;
Iklan ditampilkan 100x, berarti Impr.=100;
maka CTR = 5 / 100 x 100% = 5%

5 Avg. CPC Average Cost Per Click adalah keseluruhan rata-rata Biaya per Klik.

Ini Cara perhitungan: Avg. CPC = Cost / Clicks.
Contoh:
Cost = Rp.1000.000,-;
Clicks = 1000;
maka Avg. CPC = Rp.1000,-

6 Cost Total Biaya per Klik + Total Biaya per Mil.
atau dengan kata lain:
Cost = Total CPC + Total CPMBiaya per Mil adalah biaya iklan per 1000x tampil.
7 Avg. Pos Menunjukkan ranking iklan/ ad rank Anda dibandingkan dengan iklan orang lain. Semakin tinggi ad rank Anda (ranking 1) , semakin baik posisi penempatan iklan Anda.
8 Label Digunakan untuk mengelompokkan kata kunci.

Lebih Detail Iklan Google Adwords .

Ad rangking / ranking iklan (Avg. Pos.) Inilah beberapa alasan mengapa Anda akan menginginkan ad rangking yang tinggi: CPC Anda akan menjadi yang lebih rendah (Google menghargai iklan yang baik); Penempatan posisi iklan yang lebih baik (di halaman pertama dan di atas); Iklan lebih sering tampil.

Lalu apakah yang menentukan ranking sebuah iklan? Besaran bid, yaitu besaran rupiah yang Anda rela bayarkan untuk sebuah kata kunci; dan Quality Score, ditentukan berdasarkan relevansi antara iklan, kata kunci, dengan landing page; serta Landing page adalah halaman yang akan dilihat oleh pengguna saat mereka mengklik iklan Anda.

Sebuah bid yang besar dapat dikalahkan oleh bid yang lebih kecil, bila quality scorenya lebih rendah. Setiap kata kunci memiliki quality score. Pada mula-mula di tabel belum ada kolom quality score. Untuk menambahkannya silahkan ikuti gambar berikut ini:

Iklan Google Adwords Ini Caranya.
Iklan Google Adwords Ini Caranya.

Quality Score Google Adwords.

Cara perhitungan Quality Score Quality Score dihitung setiap kali orang yang melakukan pencarian yang memicu munculnya iklan Anda. Faktor-faktor ini adalah penentu Quality Score Anda:

  1. Sejarah frekuensi klik pada kata kunci di iklan Anda.
  2. jumlah frekuensi klik dengan display URL yang Anda gunakan.
  3. Riwayat akun Anda: CTR Anda secara keseluruhan dari iklan dan kata kunci di akun Anda.
  4. Kualitas landing page: Seberapa relevan, transparan, dan mudah dinavigasi (orang tidak dibuat susah mencari hal yang mereka cari.)
  5. Relevansi kata kunci dengan iklan: Seberapa relevan kata kunci dengan iklan Anda
  6. Kesesuaian kata kunci dengan pencarian: Seberapa relevan kata kunci Anda dengan pencarian pelanggan.
  7. Kinerja Geografis: tingkat keberhasilan akun Anda di wilayah yang menjadi target Anda.
  8. Kinerja iklan di situs-situs: tingkat keberhasilan iklan Anda di sebuah situs dan di situs yang serupa (Jika Anda menargetkan Display Network)
  9. Perangkat yang Anda targetkan: Seberapa baik kinerja iklan Anda di berbagai tipe perangkat yang berbeda desktops/laptop, perangkat mobil, dan tablet – Anda mendapatkan Quality Score yang berbeda untuk tipe perangkat yang berbeda

Arti Quality Score yang lebih tinggi.

Saya ingin menyoroti no.5 dan no.6 yang menggarisbawahi kata relevansi inilah alasan mengapa disarankan setiap kategori barang di toko Anda dikelompokkan ke beberapa ad groups dan tidak menggabungkannya menjadi satu. Dengan demikian setiap ad groups bisa digunakan untuk mempromosikan satu hal tertentu.

Dengan menggunakan kelompok kata kunci yang mirip atau berkaitan satu sama lain dan kata-kata kunci itu bisa dimasukkan ke dalam iklan Anda. Inilah yang dilihat oleh Google sebagai relevan, dan relevansi = pengalaman pengguna yang baik. Dan Google akan menghargai iklan semacam itu.

Akan lebih mudah dan murah untuk sebuah kata kunci masuk ke sebuah lelang iklan. CPC yang lebih rendah. Semakin mudah untuk iklan Anda tampil di halaman pertama dari hasil pencarian. Posisi iklan yang lebih tinggi. Memungkinkan beberapa format iklan dan ad extention tertentu untuk bisa tampil. Sebab sebagian memerlukan Quality Score tertentu.

Pengelolaan Wilayah Pesisir Mensejahterakan Nelayan.

Pengelolaan Wilayah Pesisir Mensejahterakan Nelayan.

Oleh Harmen Batubara

Pengelolaan Wilayah Pesisir, Mensejahterakan Nelayan. Mangrove Simbol Lingkungan Hidup Wilayah Pesisir. Perlu diketahui Mangrove, selain meminimalisir bahaya dan ancaman ombak dan angin laut  di sekitar pesisir. Mangrove juga berperan sebagai penahan abrasi dan erosi. Karena akarnya yang padat, berperan sebagai penjernih dan penyaring air asin. Hutan Mangrove juga menjadi habitat hewan laut maupun hewan lain seperti ikan, kepiting, udang, kerang-kerangan, burung dan kelelawar dll.

Mangrove melindungi dan menyediakan nutrisi bagi hewan yang tinggal di sekitar hutan mangrove. Yang lebih dahsyat lagi, mangrove mampu menyimpan stok karbon yang besar. “Kemampuan hutan mangrove[1] dalam menyerap karbon jauh lebih besar daripada hutan di daratan. Setiap 1 hektare, hutan mangrove mampu menyerap karbon 5 kali lebih besar daripada hutan di daratan,” Erwin menambahkan.

Profil batas laut Indonesia
Profil batas laut Indonesia

Baca Juga  :  Kemiskinan Yang MengInspirasi

Rusaknya Mangrove, seiring dengan beralihnya perikanan tangkap menjadi perikanan budidaya sesuai arahan KKP justru meningkatkan konversi hutan mangrove menjadi lahan budidaya perikanan dengan tambak, terutama tambak udang. Tambak-tambak ini pun dibuat tanpa memahami konsep konservasi sehingga banyak merusak ekosistem mangrove. Hal itulah yang kembali dilakukan Presiden Jokowi memberikan sinyal pada dunia, bahwa Indonesia akan membangun Industrial Park yang ramah lingkungan.

Perkuat Pengelolaan Wilayah Pesisir Mensejahterakan Nelayan.

Pada saat itu Presiden mengundang besertanya sejumlah Duta Besar Negara sahabat untuk melihat komitmen Indonesia dalam menggalakkan kembali “penanaman mangrove” di Kalimantan Utara.“Kita tanam kembali sehingga yang pertama ini akan menjaga dari gelombang air laut yang ada, intrusi air laut, kemudian juga menjaga habitat dari spesies-spesies yang ada di hutan mangrove dan sekitar hutan mangrove,” ujar Presiden dalam keterangannya selepas penanaman 19 Oktober 2021 waktu itu.

Presiden menjelaskan, di Kalimantan Utara ini ada 180 ribu hektare hutan mangrove yang akan direhabilitasi oleh pemerintah. Presiden menargetkan rehabilitasi hutan mangrove di Indonesia bisa mencapai 600 ribu hektare dalam tiga tahun ke depan.“Target kita dalam tiga tahun ke depan agar kita perbaiki. Kita rehabilitasi sebanyak 600 ribu hektare dari total luas hutan mangrove kita. Hutan mangrove  yang merupakan hutan mangrove terbesar di dunia (seluas, red) 3,6 juta hektare,” tandasnya.  Kita berpesan pada Pemda Kaltara, agar menjadikan pemamfaatan hutan mangrove yang ramah lingkungan. Suatu hal yang sederhana tetapi memerlukan komitmen yang luar biasa.

Jokowi Bangun Green Industrial Park

Jokowi membangun Green Industrial Park di Kalimantan Utara. Pusat Industri EBT pertama Indonesia, untuk keunggulan Indonesia masa datang. Menurut beliau  ke depan, Dunia juga akan berubah. Negara Negara besar tak lagi mau menggunakan produk yang dihasilkan dari industri tak ramah lingkungan seperti yang terjadi saat ini. “Karena ke depan, 10 tahun lagi, yang namanya Uni Eropa, Amerika tidak akan mau membayar barang yang dihasilkan industri yang mempergunakan misalnya batu bara, enggak mau lagi. Semua mengarah ke Energi Baru Terbarukan atau EBT, sehingga KITA HARUS MENDAHULUI,”

Indonesia tengah mengupayakan ekonomi hijau atau green economy untuk menciptakan ekonomi yang lebih ramah lingkungan. Presiden Jokowi berencana membangun Green Industrial Park.  Rencananya Green Industrial Park akan dibangun di Kalimantan Utara. Pembangunan akan dimulai pada ahir tahun 2021 ini. “Bulan depan kita juga mulai membangun Green Industrial Park, dengan produk keluarannya adalah produk hijau.

Produk energinya adalah energi hijau, semuanya EBT, Enerji terbarukan. Hasil produk industri itu adalah produk hijau,” ujar Jokowi dalam arahannya kepada peserta Program Pendidikan 2021 Lemhannas RI, Rabu (13/10/2021). Dia mengatakan, Green Industrial Park ini menjadi yang pertama di dunia. Adapun luasan Green Industrial Park mencapai 20000 hektare.

Pengelolaan Wilayah Pesisir Mensejahterakan Nelayan Negara Kepulauan.

Indonesia merupakan negara yang memiliki wilayah laut 2/3 dari seluruh wilayahnya. Dengan Dekalarasi Djuanda 1957 sebagai  konsep Wawasan Nusantara memberikan kita anugerah yang luar biasa baik itu laut, darat maupun udara. Indonesia memiliki wilayah laut seluas 5,8 juta km2 yang terdiri dari wilayah teritorial sebesar 3,2 juta km persegi dan wilayah Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia (ZEEI) 2,7 juta km2.

Selain itu, terdapat 17.504 pulau di Indonesia dengan garis pantai sepanjang 95.181 km.  Secara geografi  Indonesia merupakan Negara terbesar ke lima di dunia yang menghubungkan dua benua (Asia-Australia) dan dua samudra  ( Hindia dan Pasifik)  merupakan jantung perdagangan di belahan dunia timur.

Di Laut wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI berbatasan dengan 10 (sepuluh) negara  sahabat yaitu  India, Thailand, Vietnam, Malaysia, Singapura, Filipina, Kepu lauan Palau, Papua Nugini, Australia dan Timor Leste dan di Darat berbatasan dengan 3 (tiga) Negara yaitu ; Malaysia, Papua Nugini dan RDTL. Selain itu terdapat 92 (sembilan puluh dua) buah pulau kecil terluar yang merupakan halaman Negara dan tiga belas diantaranya membutuhkan perhatian khusus.

Baca Juga : BumNas & BumDes Sinergis Rakyat Sejahtera

Pengelolaan Wilayah Pesisir Mensejahterakan Nelayan Dengan PlatForm Sharing.

Sebelum anda meneruskan membaca betapa hebatnya potensi ekonomi yang terdapat di wilayah pesisir. Saya mintak perhatian Anda untuk membaca ide dari pengelolaan wilayah pesisir ini. Pengelolaan Wilayah Pesisir yang demikian kaya dengan berbagai potensi, mengingatkan kita perlunya pemahaman yang menarik terkait pengembangan potensi bisnis dengan pola SHARING PLATFORM, pola bisnis yang bisa menjangkau para peminatnya dengan cara yang menjanjikan.

Masih ingat Facebook? Facebook kini sudah menjadi perusahaan media besar TANPA memproduksi konten apapun. Go-Jek dan UBER adalah perusahaan transportasi besar TANPA memiliki kendaraan. AIRBNB adalah perusahaan hospitality TANPA memiliki satu pun kamar hotel atau villa. Banyak yang menyebut fenomena ini sebagai sharing economy. Hal ini dimungkinkan oleh berbagai perusahaan tersebut rela bergabung karena memiliki business model berbasis platform.

Apa yang dimaksud dengan platform? Sebaiknya kita sederhanakan saja. Secara sekilas, kita bisa melihat bahwa mereka tidak memiliki aset yang merupakan kunci dari operasi yang dijalankan. Mereka bisa bertahan dan berkembang pesat karena mereka menciptakan suatu wadah yang dapat menghubungkan calon pengguna dan pemilik aset dalam bahasa yang sama, yakni ingin bersama-sama menghasilkan uang. Wadah inilah yang disebut sebagai suatu platform.

Nelayan Masih Tertinggal Jauh.

Tren seperti inilah yang kita harapkan bisa dimanfaatkan oleh Pemerintah Pusat, Pemda, BUMN, BumDes dan Swasta dalam mengelola wilayah pesisir di Indonesia. Mempertemukan para pengelola dengan Pemda sang pemilik asset untuk menghadirkan berbagai produk serta layanan andalan yang berada di wilayah pesisir yang kesemuanya itu bisa jadi lahan lapangan kerja bagi warga. Pemda bisa mengubah perkembangan dunia bisnis, perdagangan, ekonomi, dan pada akhirnya akan membawa kesejahteraan di tengah tengah kehidupan kita. Mari teruskan membaca potensi wilayah pesisir.

Sebagai negara maritim[1] dan kepulauan ter unik di dunia, Indonesia memiliki baragam potensi SDA kelautan yang besar. Kekayaan SDA kelautan dapat didayagunakan untuk kemajuan dan kesejahteraan bangsa melalui sedikitnya 11 sektor ekonomi, yakni: (1) perikanan tangkap, (2) perikanan budidaya, (3) industri pengolahan hasil perikanan, (4) industri bioteknologi kelautan, (5) pertambangan dan energi, (6) pariwisata bahari, (7) kehutanan, (8) perhubungan laut, (9) sumberdaya wilayah pulau-pulau kecil, (10) industri dan jasa maritim, dan (11) SDA non-konvensional.

Potensi produksi lestari sumberdaya ikan laut Indonesia yang dapat dipanen mencapai 6,4 juta ton/tahun atau 8% dari potensi lestari ikan laut dunia. Pada 2009 tingkat pemanfaatannya mencapai 4,8 juta ton (75%). Potensi produksi budidaya laut diperkirakan mencapai 47 juta ton/tahun, dan budidaya perairan payau (tambak) sekitar 5,5 juta ton/tahun. Sementara itu, pada 2009 total produksi budidaya laut baru mencapai 2,5 juta ton (5,3%), dan total produksi budidaya tambak sebesar 1,5 juta ton (27%). Artinya, potensi pengembangan usaha perikanan, khususnya untuk budidaya laut dan tambak, masih terbuka lebar.

Cara Menjual Para Dewa
Cara Menjual Para Dewa

Pengelolaan Wilayah Pesisir Mensejahterakan Nelayan.

Dari total produksi perikanan sebesar 9,75 juta ton, hanya sekitar 1,25 juta ton yang diekspor, dan sisanya (8,5 juta ton) untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.  Perlu dicatat, bahwa sekitar 65% kebutuhan protein hewani rakyat Indonesia dipenuhi dari ikan, seafood, dan beragam produk perikanan (BPS, 2009).  Dengan kata lain, kontribusi sektor perikanan dan kelautan bagi kemajuan dan kesejahteraan bangsa, bukan hanya dalam hal ekonomi, tetapi juga berupa perbaikan gizi, kecerdasan dan kesehatan rakyat.

Indonesia juga memiliki potensi industri bioteknologi kelautan berbasis marine BIODIVERSITY RESOURCE (sumberdaya keanekaragaman hayati laut) paling besar di dunia berupa industri makanan dan minuman, farmasi (seperti Omega-3, squalence, viagra, dan sun-chlorela), kosmetik, film, kertas, bioenergi, bioremediasi, genetic engineering, dan beragam industri lainnya yang hingga kini hampir belum tersentuh pembangunan. Potensi ekonomi perikanan dan bioteknologi kelautan diperkirakan mencapai US$ 100 miliar setiap tahunnya atau setara dengan besarnya APBN 2009.

Baca Pula : Menulis Sambil Berbisnis Affiliasi

Saat ini sekitar 75% produksi minyak dan gas bumi berasal dari kawasan pesisir dan lautan. Dari 60 cekungan yang potensial mengandung migas, 40 cekungan terdapat di lepas pantai, 14 di pesisir, dan hanya 6 yang di daratan. Dari seluruh cekungan tersebut diperkirakan potensinya sebesar 11,3 miliar barel minyak bumi. Cadangan gas bumi diperkirakan sebesar 101,7 triliun kaki kubik.  Survei geologi oleh Dept. ESDM (2009) menemukan 68 cekungan baru yang mengandung potensi migas.

Potensi Wilayah Pesisir Luar Biasa Tapi Belum Tersentuh.

50 cekungan merupakan yang benar-benar baru ditemukan, sedangkan 18 cekungan lainnya merupakan perluasan dari cekungan yang telah teridentifikasi sebelumnya. Lokasi dari 68 cekungan baru itu tersebar di wilayah Sumatera, Selat Sunda, Kalimantan, Maluku, dan Papua yang sebagian besar juga terdapat di wilayah pesisir dan laut.  Contohnya, Blok gas Masela di Laut Timor, NTT memiliki potensi cadangan gas sebesar 10 TCF (trillion cubic feet) yang merupakan cadangan gas terbesar kedua di Indonesia setelah blok gas Tangguh di Papua dengan potensi cadangan gas sebesar 14,4 TCF.

Belum lagi potensi ekonomi dari industri dan jasa maritim (seperti galangan kapal, coastal and offshore engineering, pabrik peralatan dan mesin kapal, fibre optics, dan teknologi komunikasi dan informasi), pulau-pulau kecil, dan SDA non-konvensional yang sangat besar. SDA non-konvesional adalah SDA yang terdapat di wilayah pesisir dan laut Indonesia. Tetapi karena belum ada tekonologinya atau secara ekonomi belum menguntungkan. Sehingga belum bisa dimanfaatkan.

Contohnya adalah DEEP SEA WATER INDUSTRIES, bioenergi dari algae laut, energi gelombang, energi pasang surut. Masih ada lagi seperti OTEC (Ocean Thermal Energy Conversion), sumber-sumber mata air tawar di dasar laut, energi listrik dari ion Na+ dan Cl- , energi nuklir. Dan mineral laut (Becker and Carlin, 2004).

Pengelolaan Wilayah Pesisir Mensejahterakan Nelayan.

Potensi total nilai ekonomi kesebelas sektor kelautan Indonesia diperkirakan mencapai US$ 800 miliar (Rp 7200 triliun) per tahun atau lebih dari tujuh kali APBN 2009. Sedangkan, kesempatan kerja yang dapat dibangkitkan mencapai 30 juta orang. Ekonomi kelautan bakal semakin strategis bagi Indonesia. Hal ini seiring dengan pergesaran pusat ekonomi dunia dari Poros Atlantik ke Asia-Pasifik.

Dewasa ini, 70% perdagangan dunia berlangsung di kawasan Asia-Pasifik. Sekitar 75% dari seluruh barang dan komoditas yang diperdagangkan di dunia ditransportasikan melalui laut Indonesia dengan nilai sekitar US$ 1.500 triliun per tahun (UNCTAD, 2008).

Baca  Juga  :  Buat BisnisMu Raih PeluangMu Buat WebMU

Besarnya potensi laut pasti akan mengundang berbagai kepentingan untuk mengambil peran dalam memanfaatkannya. Pengelolaan wilayah pesisir jadi penting karena harus bisa melestarikan potensi yang ada serta di sisi lain dapat memanfaatkannya untuk kepentingan bersama. Hal itu terlihat dalam Pasal 1 ayat 1 UU Nomor 27 Tahun 2007 tentang Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil.

Perlu Kerja Sama Sinergis Para Stake Holder.

Pengelolaanya dirumuskan bahwa pengelolaan wilayah pesisir dan pulau-pualu kecil adalah rangkaian suatu proses mulai dari perencanaan, pemanfaatan, pengawasan. Selanjutnya pengendalian sumber daya pesisir dan pulau-pulau kecil antar sektor. Antara pemerintah dan pemerintah daerah.  Antara ekonomi darat, laut, serta antara ilmu pengetahuan dan manajemen untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pengelolaan wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil berasaskan pada berbagai hal seperti : keberlanjutan, konsistensi, keterpaduan, kepastian hukum, kemitraan, pemerataan, peranserta masyarakat, keterbukaan, desentralisasi. Termasuk akuntabilitas, dan keadilan. Hal mana dilakukan  dengan cara mengintregasikan kegiatan : antar pemerintah dan pemerintah daerah; kerja sama antar pemerintah daerah; antar sektor; Juga antar pemerintah dan dunia usaha serta rakyat. Demikian juga antar ekosistem darat ekosistem laut; dan antar ilmu pengetahuan dan prinsip-prinsip manajeme.

Dengan demikian dalam pengelolaan wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil akan lepas dari kerusakan lingkungan yang makin parah. Perlindungan terhadap pengelolaan lingkungan wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil secara implisit diatur dalam Chapter 17 dari Agenda 21. Sedangkan mengenai pentingnya perlindungan pelestarian lingkungan laut untuk mendukung pembangunan kelautan di atur dalam Bab XII UNCLOS (United Nations Convention on the Law of the Sea ) 1982. Tetapi untuk mensejahterakan warga pesisir bukanlah sesuatu yang mudah dan hal itulah yang akan anda temukan dalam membaca buku ini.

Pengelolaan Wilayah Pesisir Menghadirkan Kesejahteraan di Desa Pesisir
Pengelolaan Wilayah Pesisir Menghadirkan Kesejahteraan di Desa Pesisir

[1] https://econusa.id/id/ecoblog/wanamina-budidaya-perikanan-dan-pelestarian-mangrove/

[1] https://dahuri.wordpress.com/2008/01/01/transformasi-kekayaan-laut-untuk-kemajuan-kemakmuran-dan-kedaulatan-bangsa/

Pilih Theme Sesuai Dengan Bisnismu.

Pilih Theme Sesuai Dengan Bisnismu.

Oleh harmen batubara

Pilih Theme Sesuai Dengan Bisnismu. Hal yang tidak kalah pentingnya adalah memilih Theme dan E-commesce yang sesuai dengan bisnis Onlinemu. Ibarat berdagang di Offline kalau misalnya anda mau jualan Bakso. Apakah anda akan mencari sewaan Ruko atau sewaan Lapak di Pujosera? Memang sih, anggak ada batasan yang pasti. Jualan bakso di Ruko juga nggak ada salahnya, kalau kebetulan lokasi tempatnya bagus. Meski jualan bakso di Pujosera tentu akan lebih menantang.

LandingPress Theme
LandingPress Theme

Begitu juga kalau anda mau membuka Butik? Jelas anda tidak akan menyewa lokasi Pujosera kan? Begitu jugalah kira-kira memilih Theme dan e-commerce dalam suatu website. Sangat tidak pas, kalau anda memilih Theme magazine untuk membuat Toko Online dan sebaliknya. Begitu juga dengan proses pembayarannya. Buatlah Website anda bisa menerima system pembayaran yang sudah umum atau yang lebih baik lagi. Karena itu ada baiknya kita perhatikan berbagai hal yang terkait dengan Theme

Baca Juga : Mencari Bisnis Terbaik Buatmu Sendiri

Sudah tidak bisa di ragukan lagi jika WordPress merupakan salah satu atau mungkin untuk Indonesia merupakan nomor satu sebagai CMS untuk membuat website dan blog. WordPress adalah platform Content Management System dan platform blogging yang paling populer dan banyak digunakan. Awalnya WordPress hanya sebagai alat blogging sederhana tetapi sekarang sudah menjadi Content Management System yang sangat kuat.

Amati dan Pilih Theme Sesuai Dengan Bisnismu.

Ada banyak alasan, mengapa WordPress menjadi CMS dan platform blogging nomor satu. Salah satu hal yang paling penting yang membuat WordPress menjadi pilihan pertama dari blogger dan perusahaan adalah karena WordPress sangat USER FRIENDLY, mudah digunakan dan mempunyai kemampuan untuk menyesuaikan dengan baik.

WordPress memungkinkan Anda untuk dengan mudah membuat dan mempublikasikan konten. Ditambah lagi sangat banyak Plugin pilihan, dengan plugin yang baik anda dapat menambahkan fungsionalitas tambahan. Membuat  WordPress Anda, dapat dengan mudah mengubah desain blog atau website menjadi lebih baik. Lebih menarik dan lebih responsip.

Perlu Anda ketahui bahwa desain web atau blog memainkan peran yang sangat penting. Bisa jadi dan meskipun Anda mempublikasikan konten dengan isi yang menarik dan penting serta banyak diminati di blog Anda. Tetapi jika desain blog atau web Anda tidak menarik. Maka percayalah pengunjung akan meninggalkan blog Anda dengan segera. Jika Anda ingin mempunyai blog dengan desain yang menarik dan profesional. Luangkan waktu untuk membaca berbagai tips terkait pemilihan Theme. Sehingga Anda dapat memiliki Theme WordPress yang sesuai dengan bisnis online anda.

Model Bisnis Cara Mudah Dapat Cuan
Model Bisnis Cara Mudah Dapat Cuan

Juga Baca : Memulai Binis Pilihlah Yang Anda Suka

Pilih Theme Sesuai Dengan Bisnismu, Sesuai Teknologi.

Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini terdapat begitu banyak perangkat seperti smartphone, tablet, desktop, notebook dan perangkat lainnya. Semua perangkat ini memiliki resolusi layar yang berbeda dan dengan berbagai macam perangkat tersebut.

Orang mengakses internet untuk menemukan berbagai informasi di website dan blog. Karena begitu banyaknya perangkat yang bisa digunakan untuk mengakses internet dengan berbagai ukuran resolusi layar yang berbeda. Maka ketika Anda sedang memilih theme untuk blog Anda. Pastikan Anda memilih theme yang sepenuhnya responsif dengan desain elegan dan bisa memanfaatkan berbagai perangkat pengguna.

Baca Juga : Membuat Website Bersama LandingPress

Dengan mengetahui berbagai kondisi yang kita bicara tadi, sekarang timbul pertanyaan baru? Apakah Anda harus menggunakan theme WordPress gratis atau membeli theme premium untuk website atau  blog Anda?  Bukan apa-apa sekarang itu ada begitu banyak theme gratis yang mengagumkan. Juga dengan desain bagus dan juga fitur lengkap yang tersedia untuk Anda.

Sementara Theme premium ada juga, harganya tidak terlalu mahal tetapi kemampuannya hanya begitu-begitu saja. Hal itulah yang perlu untuk lebih diwaspadai. Meskipun ada ungkapan bahwa theme versi gratis itu bisa saja suatu saat tidak lagi dikembangkan oleh pemiliknya. Maka tentu saja website atau blog anda akan ketinggalan zaman.

LandingPress dan Beberapa Alasan Memakainya. 

Sama seperti saya, Anda mungkin akan berkata kenapa harus menghabiskan uang hanya untuk membeli theme premium?  Padahal Anda dapat men-download dan menggunakan theme gratis dengan kualitas yang tidak kalah menariknya. Ada banyak alasan, manfaat dan keuntungan dari membeli theme premium. Para ahli selalu bilang begini. Jika Anda ingin memiliki website atau blog dengan desain profesional jangan ragu untuk menginvestasikan beberapa puluh dolar untuk membeli theme premium. LandingPress adalah Theme Premium Indonesia. Beberapa alasannya adalah sebagai berikut :

  • Pengembang theme premium memberikan dukungan atau support yang profesional dengan theme yang Anda beli. Sehingga Anda tidak perlu khawatir jika menemukan masalah dalam penggunaan theme tersebut. Anda bisa menghubungi mereka untuk membantu anda.
  • Penyedia theme WordPress terkemuka, adalah pengembang professional dan mereka selalu menjaga dan menggunakan praktik terbaik dan standar pengkodean yang umum.
  • Theme Premium dirancang dan dikembangkan dengan standar web saat masa kini. Dan akan selalu mengikuti perkembangan teknologi seperti desain web yang responsif, fitur baru HTML 5, Microformats dll
  • Theme Premium umumnya selalu Up to date atau melakukan update secara teratur sesuai dengan perkembangan yang ada.  Termasuk dari sisi keamanannya. Mereka sangat menghargai para pelanggan mereka yang telah membayar theme mereka. Dan karenanya mereka akan selalu menjaga theme tetap Up to date.  Sampai berbagai versi baru mereka rilis dan anda akan mendapatkan versi terbarunya, sesuai perjanjian.

Pilih Theme Sesuai Dengan Bisnismu, LandingPress.

  • Dengan update dari waktu ke waktu, theme Anda tentu saja akan selalu mengikuti perubahan sesuai dengan ketentuan perkembangan WordPress. Bayangkan kalau hal yang berbeda terjadi pada theme gratis yang tidak lagi di Update oleh para pengembangnya. Maka sebaliknya berbagai kendala dalam pengoperasian dan tampilan website atau blog anda yang gratisan tidak lagi bisa diapa apakan atau muspro.
  • Theme Premium terutama dari pengembang yang baik adalah Theme yang paling mungkin untuk sepenuhnya selalu Up to date dan responsive.  Dan jangan lupa bahwa mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing dll senang dengan website atau blog yang responsif.
  • Theme Premium mempunyai fitur panel kontrol atau yang sering disebut theme option atau antar muka untuk mengubah desain dan format blog atau website Anda. Keamanan sangat penting dan Anda dapat menghindari masalah keamanan dengan membeli theme premium dari penyedia theme premium terpercaya.  Penyedia yang memiliki reputasi pengembang dan sumber daya.
Setiap Asa Bertabur Nikmat Kemiskinan Yang MengInspirasi
Setiap Asa Bertabur Nikmat Kemiskinan Yang MengInspirasi

Tips Memilih Theme Sesuai Dengan Bisnismu.

Berikut Tips memilih theme WordPress Premium yang terbaik dibawah ini:

Tampilan- Tampilan theme yang menarik tentunya akan membuat betah visitor yang datang ke website yang kita miliki. Tampilan itu. Ya meliputi jenis font serta posisi gambarnya. Ada theme yang memang bisa menempatkan posisi serta besar gambarnya sesuai dengan keinginan kita.Pastikan juga bahwa theme WordPress tersebut cocok untuk niche atau segmen website. Karena setiap theme biasanya sudah disesuaikan dengan niche tertentu.

Harga – Masalah harga itu penting, karena pertibangannya juga berbeda antara yang satu dengan yang lain. Jika kamu ingin yang gratis maka theme WordPress gratis tersedia pada menu dashboard Appearance > Themes.

Tetapi jika ingin membeli theme versi berbayar bisa mencari theme WordPress premiumthemeforest dan lainnya, tinggal sesuaikan budget saja. Jika memang kamu mempunyai alokasi dana lebih mending menggunakan theme versi berbayar. Karena banyak sekali perbedaan antara versi gratis dengan yang berbayar. Indonesia juga punya theme Premium namanya LandingPress. Coba saja lihat dulu.

Pilih Theme Sesuai Dengan Bisnismu, Sesuai Zaman.

Niche atau Segmen – Niche website menjadi salah satu hal yang penting diperhatikan dalam tips memilih theme ini. Jika website kamu kontennya membahas beragam topik lebih baik menggunakan jenis theme Magazine. .Jika isinya kebanyakan foto lebih bagus menggunakan theme gallery. Jika dioptimasi untuk Adsense lebih baik menggunakan theme yang fast loading, clean dan lainnya.

Jangan sampai dalam pemilihan theme karena terlanjur suka, kemudian memaksakan menggunakan theme yang tidak sesuai niche. Karena setiap niche memiliki desain dan navigasi yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan.

Support Browser  – Pengunjung website pastinya menggunakan browser yang berbeda-beda. Jadi untuk support browser jangan lupa dilihat. Pilihlah theme yang memiliki support browser yang terlengkap. Jika tidak tercantum, kamu bisa menghubungi kontak dari developer theme tentang support browser apa saja.

Responsive & Mobile Friendly – Kenapa theme harus responsive dan mobile friendly? Karena sekarang ini theme responsive juga menjadi salah satu hal yang diprioritaskan oleh Google dalam menentukan peringkat website. Apalagi akses menggunakan perangkat mobile seperti smartphone dan tablet lebih mendominasi daripada mengggunakan komputer desktop. Sebelum memilih theme biasanya developer memberikan contoh tampilan versi desktop, tablet dan mobile yang bisa kamu coba.

Pilih Theme Sesuai Dengan Bisnismu, dan Menarik.

Pilihlah yang memiliki tampilan yang menarik dan fast loadingnya. Untuk mengeceknya bisa menggunakan Responsive Test atau Google Mobile-Friendly Test.

Kecepatan Loading – Semakin banyak fitur yang ada maka biasanya theme memiliki loading yang lebih lama. Jadi kamu harus pintar-pintar memilih developer theme yang memiliki theme dengan beragam fitur menarik dan loading yang cepat. Usahakan untuk loading theme yang kamu pilih mendapatkan “skor A”. Karena kecepatan tema akan berpengaruh pada kenyamanan user saat mengunjungi website kamu.

Untuk mengecek tema WordPress kamu bisa menggunakan 3 website ini:

SEO Friendly – WordPress terkenal sebagai CMS yang SEO Friendly. Tetapi bisa dicek lagi terutama pada theme yang kamu pilih. Apakah sudah benar-benar SEO Friendly ataukah hanya klaim sepihak saja dari developer theme.

Kamu bisa cek di 3 website yang sudah dibahas di atas. Ada beberapa hal yang menjadikan theme SEO Friendly mulai dari heading, meta tag, coding MTML, CSS, JS yang sesuai dengan standart dll.

Cara Mastah Menulis Konten Berkualitas SEO Friendlya
Cara Mastah Menulis Konten Berkualitas SEO Friendlya

Pilih Theme Sesuai Dengan Bisnismu.

  • Keamanan- Perlu diperhatikan pula faktor keaman dari theme yang kamu gunakan, terutama theme gratisan atau theme nulled yang banyak beredar.
  • Karena dari celah kesalahan coding theme bisa dimanfaatkan oleh orang tidak bertanggung jawab untuk melakukan hacking.
  • Selain itu theme terutama yang nulled atau bajakan sering rentan terhadap serangan malware atau virus yang membahayakan terhadap website.
  • Dokumentasi – Untuk theme WordPress berbayar biasanya developer menyediakan dokumentasi yang lengkap tentang tata cara dan penggunaannya.
  • Selain itu pada theme versi berbayar biasanya mudah dicustomisasi lewat fitur menu yang disediakan oleh developer theme tersebut. Untuk theme WordPress gratisan biasanya fitur seperti ini jarang ditemui.
  • Support atau Dukungan – Yang terakhir ini adalah support atau dukungan dari developer theme. Cek juga kapan terakhir developer memberikan update theme, apakah rutin atau jarang sama sekali melakukan update theme.  Selain itu jika suatu saat mengalami kendala terhadap theme yang digunakan, kamu tidak perlu khawatir lagi karena adanya support dari developer.